Pahlawan

Raden Otto Iskandardinata

Halo guys kali ini gua mau menceritakan tentang pahlawan Otto Iskandardinata

Lahir31 Maret 1897
BojongsoangBandungJawa Barat
Meninggal20 Desember 1945 (umur 48)
Diperkirakan dibunuh diTangerangBantenJawa Barat.
Sebab meninggalDibunuh Laskar Hitam.
Penemuan jenazahTidak pernah ditemukan.
MonumenMonumen Pasir Pahlawan, Lembang, Bandung.
Nama lainSi Jalak Harupat
SukuSunda
Cerita Otto Iskandardinata

Dalam kegiatan pergarakannya pada masa sebelum kemerdekaan, Otto pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Bandung pada periode 1921-1924, serta sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Pekalongan tahun 1924. Ketika itu, ia menjadi anggota Gemeenteraad ("Dewan Kota") Pekalongan mewakili Budi Utomo.
Oto juga aktif pada organisasi budaya Sunda bernama Paguyuban Pasundan. Ia menjadi Sekretaris Pengurus Besar tahun 1928, dan menjadi ketuanya pada periode 1929-1942. Organisasi tersebut bergerak dalam bidang pendidikan, sosial-budaya, politik, ekonomi, kepemudaan, dan pemberdayaan perempuan.
Otto juga menjadi anggota Volksraad ("Dewan Rakyat", semacam DPR) yang dibentuk pada masa Hindia Belandauntuk periode 1930-1941.
Pada masa penjajahan Jepang, Otto menjadi Pemimpin surat kabar Tjahaja (1942-1945). Ia kemudian menjadi anggota BPUPKI dan PPKI yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang sebagai lembaga-lembaga yang membantu persiapan kemerdekaan Indonesia.

Otto Iskandardinata diangkat menjadi pahlawan Nasional berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia.Selengkapnya bisa di cek disini

Image result for otto iskandar dinata

Terimakasih yang sudah melihat gengs.

Komentar

Postingan Populer